Allah Bless me all The Time...

Senin, 06 Agustus 2012

Bentuk Kepemilikan Bisnis


        Pemilihan bentuk kepemilikan perusahaan merupakan hal yang penting. Bagaimana mungkin perusahaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien ketika modal yang dihimpun kurang, kelewat besarnya kewajiban yang harus ditanggung pemilik, ketidak leluasaan pengendalian manajemen perusahaan dan masih banyak lagi hal penting yang perlu dicermati pemilik badan usaha.
            Karena itulah, pemilihan bentuk kepemilikan bisnis harus sesuai dengan kemampuan pemilik. Banyak orang  yang menginginkan perusahaan besar namun mereka tidak memiliki modal ataupun kemampuan yang cukup. Sebaliknya, banyak orang yang memiliki kemampuan yang besar namun mereka tidak berani mengambil resiko untuk membangun perusahaan besar. Oleh karena itu, seharusnya pengusaha mengetahui dan memahami bentuk-bentuk kepemilikan perusahaan beserta keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Pada makalah ini kami akan mengkonsentrasikan pembahasan pada bentuk kepemilikan bisnis dalam bidang koperasi. Pada bab selanjutnya kami akan menjelaskan bentuk-bentuk kepemilikan bisnis secara lebih rinci .
            Selain bentuk-bentuk kepemilikan bisnis, pada makalah ini kami juga akan membahas tentang pemilihan letak perusahaan. Letak perusahaan sering pula disebut Tempat Kediaman perusahaan, yaitu tempat di mana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan istilah Tempat Kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan. Kedua hal di atas perlu mendapat perhatian bagi perusahaan, sebab salah memilih suatu lokasi perusahaan, akan mengakibatkan suatu kerugian bagi perusahaan. Misalnya harus mengadakan penempatan kembali letak perusahaan (Re Location) dan kesulitan apabila akan mengadakan ekspansi (Perluasan Perusahaan).

             Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan, maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing, disamping waktu harus berpacu, juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus dilakaukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kogkrit dan lengkap. Hal itu dapat dijalankan dengan meninjau beberapa aspek yang mempengaruhi pemilihan letak perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar