Allah Bless me all The Time...

Senin, 06 Agustus 2012

Tanggung Jawab Terhadap Karyawan


Tanggung Jawab Terhadap Karyawan
Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab kepada karyawannya untuk meyakinkan atas rasa aman,perlakuan yang wajar dari karyawan lain dan kesempatan yang sama.
a. Rasa Aman para Karyawan
Meyakinkan tempat kerja adalah aman bagi karyawan dengan selalu mengecek peralatan kerja supaya selalu dalam kondisi layak dan tidak berbahaya. Perusahaan yang menciptakan suatu lingkungkan kerja yang aman akm melindungi adanya kecelakaan dan memperbaiki moral karyawanya. Banyak perusahaan sekarang memberikan identifikasi keamanan tempat kerja sebagai salah satu tujuan utamanya. Levi Strrauss and Co. Menunjukkan paduan keamanan tidak hanya pada fasilitas Amerika , tetapi juga pada pabrik di Asia di mana beberapa bajunya dibuat.
b. Perlakuan layak oleh karyawan lain
Perusahaan bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa para karyawan diperlakukan layak oleh karyawan lain. Issue yang timbul biasanya masalah diversitas (kelainan, perbedaan) karyawan dan pelecehan seksual .
v  Diversitas
Banyak perusahaan telah tanggap terhadap bertambahnya keanekaragam an diantara karyawan dengan memberikan seminar divertas , yang memberikan penerangan kepada karyawan mengenai diversitas kebudayaan. Penerangan seperti itu dapat menolong karyawan menyadari bahwa pernyataan tertentu atau prilaku tertentu mungkin dapat menyinggung perasaan karyawan lain.
v  Perlindungan Terhadap Pelecehan Seksual
Isu lain di tempat kerja adalah pelecehan seksual yang termasuk di dalamnya suatu komentar yang tidak diinginkan atau tindakan yang secara alami berbau seksual. Misalnya, seorang karyawan mungkin akan membuat suatu paksaan seksual  terhadap karyawan lain dan menggunakan kekuasaan pribadi dalam perusahaan untuk maenakuti satus pekerjaan karyawan lain. Perusahaan cendrung mencegah pelecehan seksual  dengan memberikan seminar mengenai hal tersebut. Seperti seminar diversitas. Seminar ini tidak hanya suatu tindakan tanggung jawab kepada karywan, tetapi juga dapat memperbaiki produktivitas perusahaan dengan menolong karyawan merasa kerasaan dan nyaman.
c. Kesempatan yang sama
Karyawan yang melamar untuk suatu posisi tidak seharusnya ditolak karena diskriminasi masalah sara . Banyak perusahaaan dan lembaga pemerintah melaksanakan program tindakan alternatif. Beberapa orang berharap program tindakan alternatif dapat meyakinkan perlakuan yang sama diantara para calon karyawan dari para karyawan yang ada.
Cara memastikan tanggung jawab bisnis
·         Keluhan Prosedur.
·         Kode etik.
·         UU Ketenaga kerjaan
Cara perusahaan meyakinkan tanggung jawab kepada karyawan
Untuk meyakinkan bahwa karyawan menerima perlakuan yang layak,  beberapa perusahaan  menciptakan prosedur keluhan untuk karyawan yang merasa bahwa mereka tidak diberi kesempatan yang sama.Keluhan ditangani oleh seseorang atau departemen/bagian/seksi yang ditunjuk perusahaan. Adanya masukan ydm. perusahaan berusaha memecahkan dan memperbaiki prosedurnya untuk menghindari keluhan kayawan selanjutnya
Konflik dengan pemberhentian karyawan
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mungkin berguna untuk mengurangi biaya yang sangat substansial dan memuaskan pemegang saham, disamping  itu   supaya perusahaan bertahan hidup. Ini mungkin cara terbaik bagi perusahaan, tetapi tidak bagi karyawan. Solusi terbaik adalah dengan menyalurkan karyawan yang di PHK pada pekerjaan lain dalam perusahanan atau group perusahaan.Perusahaan yang melaksanakan bisnis di negara asing harus mengikuti peraturan pemerintah lokal . Para pejabat beberapa negara asing biasanya menerima bingkisan dari perusahaan yang memerlukan persetujuannya untuk berbagai kegiatan bisnisnya. Sebagai contoh perusahaan mungkin perlu produknya disetujui untuk alasan keamanan . Proses untuk meminta persetujuan hal kecil mungkin perlu berbulan-bulan dan melindungi perusahaan untuk melaksanakan bisnisnya. Perusahaan yang berani membayar pejabat akan menerima perhatian segera dari pemerintah lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar