Allah Bless me all The Time...

Senin, 06 Agustus 2012

Tanggung Jawab Sosial dalam Etika Bisnis (Cont)


Tanggung Jawab Kepada Pemegang Saham
Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham) . Karyawan mungkin tergoda untuk membuat keputusan yang memuaskan kepentingannya saja daripada kepentingan pemiliknya. Misalnya beberapa karyawan memakai uang perusahaan untuk membeli komputer demi kepentingan pribadi daripada kepentingan perusahaan.
Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung  Jawab
Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik. Gaji karyawan dikaitkan dengan kinerja perusahaan, dalam hal ini karyawan tinggal memfocuskan pada memaksimalkan nilai perusahaan . Pemilik perusahaan menyadari bahwa perusahaan akan butuh biaya untuk memenuhi tanggung jawab seperti keamanan karyawan dan bebas polusi mewakili biaya yang diperlukan perusahaan melakukan bisnisnya.
Pemegang saham aktif dalam mempengaruhi kebijakan manajemen perusahaan, terlebih ketika  mereka tidak puas dengan gaji para eksekutif perusahaan atau kebijakan lain. Pemegang saham yang sangat aktif umumnya investor institusi yang memiliki sejumlah besar sah
Konflik dengan Kompensasi Eksekutif yang Berlebihan
            Seorang manajer peusahaan dapat memuaskan para pemegang saham dengan memastikan bahwa dana yang ditanamkan oleh para pemegang saham dipergunakan secara baik. Jika dana ini dipergunakan untuk menutup biaya yang kurang perlu, maka keuntungan perusahaan akan berkurang, di mana akan mengurangi imbalan yang diterima oleh para pemegang saham atas investasinya. Salah satu perhatian utama pemegang saham adalah gaji yang diberikan kepada para eksekutif perusahaan (CEO) dan eksekutif lainnya  Isu ini timbul manakala perusahaan membayar gaji tinggi kepada para eksekutif, dilain fihak  imbalan yang diterima oleh para pemegang atas investasinya tidak  memuaskan.
Tanggung Jawab Terhadap Kreditor
             Perusahaan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban keuangannya kepada kreditor.Jika suatu perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak mampu memenuhi kewajibannya,maka perusahaan tersebut harus manginformasikan hal ini kepada kreditornya kadang kala kreditor mau memperpanjang masa jatuh tempo pembayaran dan bahkan menawarkan saran bagaimana perusahaan dapat memperbaiki kondisi keuangannya.Suatu perusahaan memiliki insentif yang kuat untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap kreditor.Jika perusahaan tidak membayar hutangnya kepada kreditoer,perusahaan tersebut dapat dipaksa pailit.
Bentuk  tanggung jawab perusahaan kepada kreditor yaitu:
a. Wajib memenuhi tanggung jawab keuangan kepada kreditor
b.Bila ada masalah keuangan di informasikan kepada kreditor.
c.Hindari rekayasa untuk meningkatkan limit kredit.
2.6 Tanggung Jawab Kepada Lingkungan
Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan harus memperhatikan keadaan lingkungannya, yaitu bagimana upaya perusahaan supaya tetap dapat menciptakan lingkungan disekitar perusahaan yang sehat, bebas dari polusi yang disebabkan oleh limbah perusahaan. Polusi yang dapat terjadi akibat dari aktivitas sebuah perusahaan adalah seperti:
v  POLUSI UDARA :
  • Akibat proses produksi dan produk yang dihasilkan pasti mengakibatkan polusi udara.
  • Mengubah poses produksi shg meminimalkan CO2 yang dilepaskan ke udara.
  • Gerakan sadar lingkungan efek rumah kaca, pemanasan global.
  • Aturan standar tingkat toleransi polusi udara
v  POLUSI TANAH :
  • Akibat limbah padat maupun cair selama produksi
  • Akibat hasil produk yang tidak ramah lingkungan
  • Mengubah proses produksi shg meminimalkan limbah kimia cair yang berbahaya.
  • Standarisasi AMDAL --- Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  • Mengelola limbah padat (tidak bisa membusuk)
  • Memanfaatkan produk daur ulang
Tanggung Jawab Kepada komunitas
Perusahaan menjadi bagian dari komunitas ketika mendirikan bisnisnya di suatu komunitas dan mengandalkan komunitas tsb sbg konsumen dan karyawannya.
  • Perusahaan dituntut mempunyai kepekaan sosial terhadap komunitasnya
  • Turut meningkatkan kualitas sosial komunitasnya
  • Mendirikan prasarana pendukung bagi komunitasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar