Allah Bless me all The Time...

Senin, 06 Agustus 2012

Tanggung Jawab Kepada Pelanggan


Tanggung Jawab Kepada Pelanggan
     Pelanggan adalah pembeli produk atau jasa yang diprodukasi oleh perusahaan.Dalam hal ini perusahaan harus berupaya untuk memuaskan para konsumennya agar pembelian itu dapat terus diulakukan secara berkesinambungan.Perusahaan harus memperhatikan adanya konsumerisme. Konsumerisme adalah suatu gerakan untuk memberikan informasi kepda para konsumen dan melindungi mereka dari tindakan-tindakan yang salah.
Hal-hal yang sangat diperhatikan konsumerisme misalnya,kualitas produk atau kualitas layanan jasa,iklan yang menyesatkan serta tindakan perusahaan yang tidak adil.
Berkaitan dengan konsumerisme dikenal empat hak-hak konsumen yang peru dilindungi,yaitu:
a. Hak untuk keselamatan
     Konsumen harus dilindungi keselamatannya dalam mengkonsumsi produk atau jasa agar terhindar dari kerug ian atau kecelakaan.
b.Hak untuk memperoleh informasi
    Sebelum memutuskan suatu pembelian, konsumen berhak memperoleh informasi yang akurat tentang produk atau jasa yang akan dibelinya.
c.Hak untuk memilih
   Dalam memutuskan untuk memilih produk atau jasa yang akan dibelinya,konsumen berhak untuk memilihbeberapa variasi atau jenis produk atau jasa.Sebaiknya produsenmenyediakan banyak variasi pilihan produk pada beberapa variasi harga yang layak.
d.Hak untuk didengar
   Konsumen juga harus diperhatikan haknya untuk member masukan informasi,keluahan atau menanyakan segala sesuatu tentang produk kepada produsen.Perusahaan sebaiknya menyediakan petugas semacam public relation atau hubungan masyarakat untuk melayani konsumen dalam hal-hal tersebut di atas. Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar