Allah Bless me all The Time...

Jumat, 30 Maret 2012

Laporan Perubahan Ekuitas


Laporan Perubahan Ekuitas
Kegunaan Laporan perubahanekuitasadalahuntukmengetahuiperkembanganperusahaan yang dilihatdarihakkepemilikan (modal) selamasatuperiodeakuntansi.Jadi laporanperubahanekuitas (modal) yaitulaporan yang disusununtukmengetahuiperubahan modal yang dimilikiatauuntukmengetahui modal akhirpadasatuperiode .
Unsur-unsurlaporanPerubahanEkuitas, yaitu:
  • Modal awaltahundantambahan modal (investasi)
  • SaldoLaba/Rugi
  • Prive (pengambilanpemilikuntukkeperluanpribadi)
Laporan perubahan ekuitas melaporkan perubahan ekuitas pemilik. Item laporan perubahan ekuitas tergantung dari jenis perusahaan berdasarkan kepemilikannya. Perusahaan perorangan akan melaporkan laporan perubahan modal Tn.X. Perusahaan persekutuan (CV atau firma) melaporkan laporan modal pada sekutu, misalnya modal Tn.B, modal Tn.C, dan modal Tn.D. Sedangkan perusahaan perseroan melaporkan perubahan modal saham dan perubahan saldo laba (Retained Earnings Statement).
Inti isi dari laporan perubahan ekuitas pemilik, adalah modal awal ditambah laba bersih, dikurangi prive maka diperoleh modal akhir. Penambahan investasi dari pemilik dan laba komperhensifakan menambah modal awal, sedangkan pengurangan/penarikan modal kepemilikakan mengurangi modal akhir. Laba (rugi) bersih diperoleh dari laporan laba/rugi di atas. Selanjutnya modal akhir pada laporan perubahan ekuitas akan tampak pada laporan neraca. Laporan neraca melaporkan posisi keuangan, yaitu mengenai sumberdaya, kewajiban, dan ekuitas pemilik, pada tanggal tertentu. Laporan neraca disusun berdasarkan mana yang paling likuid lebih dahulu. Yang dimaksud paling likuid adalah yang paling cepat dapat dijadikan kas bagiperusahaan. 

2 komentar:

  1. makasi buat informasinya ya,,,,
    nge bantu banget info mu
    ^_^

    BalasHapus