Allah Bless me all The Time...

Jumat, 30 Maret 2012

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup (Part 1)

Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup
            Setiap bangsa yang ingin berdiri kukuh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup bangsa inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya dan menentukan arah serta memecahkan secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang ambing dalam menghadapi persoalan besar yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan besar yang timbul, baik persoalan masyarakanya sendiri maupun persoalan besar umat manusia dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa didunia.
            Dengan pandangan hidup bangsa yang jelas, suatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaiman mengenal dan memecahkan masalah politik, ekonomi, sosial budaya, hukum, dan hankam, yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju.  Dengan berpedoman pada pandangan hidup itu pula, suatu bangsa akan membangun dirinya
Pancasila sebagai sumber nilai karena sila-sila pancasila merupakan suatu system nilai. Artinya, setiap sila memiliki nilai, akan tetapi masing-masing sila saling berhubungan, saling ketergantungan secara sistematis dan diantara nilai satu sila dengan lainnya memiliki tingkatan. Nilai-nilai yang terkandung dalam  Pancasila merupakan sekumpulan nilai yang diangkat dari prinsip nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat dan budaya bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar